who is our customer

Who is Our Customer?

Posted on Posted in coaching with Omar
Header 728 x 90

Siapa Customer kita?

Kebanyakan orang ketika ditanya siapa customernya maka tertuju hanya kepada Buyer atau Client yang membeli produk dan Jasa kita.

Padahal dalam berbisnis ada 3 Customer yang harus menjadi perhatian kita. Siapa saja mereka? Lihat gambar.
Wah ternyata begitu ya…?

Nah saya jelaskan secara singkat ya…

who is our customer

BUYER. Mereka datang dari Commercial Market artinya mereka datang dari kebutuhan mereka akan jasa dan produk yang kita tawarkan. Mereka ingin mendapatkan VALUE dari penawaran kita sebagai pebisnis. Dan sebagai pebisnis kita akan menerima PROFIT dari transaksi dengan buyer

WORKER. Mereka adanya di Competency Market. Yes di pasar tenaga kerja yang mereka tawarkan skill dan kompetensi. Apa yang mereka harapkan dari pemilik bisnis? REWARD, ya gaji, bonus dll sedangkan kita mendapatkan PRODUCTIVITY dari kompetensi mereka.

INVESTOR. Nah ini yg sering diabaikan. Investor kumpulnya di Capital Market. Buat Anda yang sedang merintis mendapatkan investor bisa jadi prosesnya berat dan berliku. Namun yakinlah ini juga “Customer” Anda karena begitu Anda bisa memelihara hubungan dengan mereka maka bisnis Anda akan GROW dan fokus mereka ada di ROI.

Ok teman2 dengan kita mengetahui siapa Customer kita maka sekarang fokus teman2 tidak lagi hanya kepada Buyer tapi juga ke Worker and Investor.

Menarik ya……di Like, Komen and share ya friends hehehehe

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply