Tips Menjadi Produktif Setiap Hari

Tips Menjadi Produktif Setiap Hari

Posted on Posted in Personal Growth
Header 728 x 90

Hallo temans, kali ini saya ingin share tips menjadi produktif setiap hari. Ini sih lebih ke bagaimana kita Menyusun To-D0-List aktivitas setiap hari. Apa sih pentingnya kita melakukan hal tersebut?…

Ternyata banyak sekali lho manfaatnya…nah pada tulisan ini saya ingin me-review dan belajar langsung dari masternya personal development dan bisnis Mr. Bryan Tracy. Saya ambil dari video singkatnya dan membuat pendapat saya…

Tips Menjadi Produktif Setiap Hari
Tips To Structure Your Day by Bryan Tracy

1. Membuat to-do-list. Anda dapat melakukannya pada malam hari sebelum tidur dan membuat to-d0-list apa saja kegiatan yang harus anda lakukan keesokannya hari, atau jika anda terlalu lelah lakukan pada pagi harinya sebelum anda melakukan hal apa pun.

Menuliskan to-do-list akan memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang harus dilakukan pada hari itu. Juga untuk memberikan kejelasan pada apa yang ingin diraih pada hari itu. Ketika menuliskan to-do-list secara bersamaan sebenarnya kita sedang me”maksa” otak kita untuk berfikir di level yang lebih tinggi. For you to think the higher level. Bonusnya ketika to-do-list sudah tersusun maka produktifitas anda akan meningkat sebesar 25%.

Orang-orang sukses di dunia selalu bekerja berdasarkan to-do-list. Bayangkan jika item pekerjaan mereka yang begitu banyak dikerjakan tanpa list, maka akan menjadi bencana tentunya.

2. Menyusun urutan pekerjaan. Selamat anda sudah membuat list untuk hari ini, tapi hei jangan terburu-buru ya, langkah berikutnya adalah anda harus menyusun urutan to-do-list tadi dari yang paling penting. Gunakan hukum 80:20, misalkan dari 10 tugas anda hari ini tentukan 2 tugas yang paling penting. Bisa juga dengan hukum 90:10 dari 10 tugas ada 1 tugas yang terpenting dari yg lainnya.

Bagaimana caranya kita mendeteksi dan menentukan tugas mana yang paling penting? Sederhana saja, tanyakan pada diri anda sendiri pertanyaan berikut ini: Jika Anda mendapat panggilan tugas keluar kota selama satu bulan, hal apa yang paling penting anda selesaikan dalam list anda?

Saya sih belum sampai pada tahap sering pergi keluar kota, namun karena pekerjaan saya sering membuat saya berkeliling proyek untuk memonitor progress, maka akan banyak menyita waktu diluar. Oleh karena itu di waktu awal hari, di pagi hari, biasanya saya menyelesaikan satu pekerjaan paling penting agar tetap bisa fokus menyelesaikannya.

3. Tetaplah mengerjakan tugas yang terpenting sampai selesai. Nah langkah ini anda ambil dengan cara membuat sequence/urutan pekerjaan dari yang paling penting, penting dan kurang penting. Kerjakan dari yang paling penting dulu, selesaikan sampai tuntas. Hal ini sebagaimana ketika kita mengerjakan sebuah proyek yang multi tasking, banyak sekali item pekerjaannya. Untuk bisa menyelesaikannya ya dengan membagi-bagi tugasnya.

Ok saya rasa dengan menerapkan hal sederhana seperti ini setidaknya akan membuat hari anda lebih produktif. Tuliskan, Pisahkan, Lakukan hingga selesai. Yes, salam sukses yah…

 

Warm Regards

Omar

 

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply