Perbedaan antara Sukses dan Gagal

Posted on Posted in Entrepreneurship, Sekolah Bisnis Online
Header 728 x 90

“Jika Anda bersungguh-sungguh rebutlah! karena jika bukan Anda maka akan ada orang lain yang merebutnya. Apa pun yang dapat Anda impikan dapat Anda lakukan. Terbayangkan berarti terjangkau. Apa yang Anda lakukan memiliki keajaiban selama itu langkah yang Anda putuskan. Beranilah! Kesalahan mungkin terjadi, tapi orang Sukses bukan yang tidak pernah salah, tapi mereka yang tekun memperbaiki langkah menuju tujuan akhirnya.”

-My journey–MZ Omar

Apa kabar teman? hari ini saya baru saja hadir di pertemuan rutin Sekolah Bisnis 1 Milyar SB1M. Alhamdulillah banyak sekali yang membuat saya tercerahkan setiap mengikuti kelas di SB1M. Materi yang dibawakan oleh sahabat baru saya Adit sungguh menggugah fikiran saya. Bahwa ketika kita memiliki tujuan yang jelas, dibimbing oleh mentor berkelas dan diiringi action yang tuntas maka kesuksesan akan mudah diraih. Saya jadi teringat tulisan Mr Bryan Tracy, filsuf kesuksesan dari Amerika serikat dalam bukunya “Getting Rich Your Own Way”. Disitu beliau menulis, Perbedaan besar antara mereka yang sukses dan mereka yang gagal sederhana saja:

Orang yang sukses di setiap bidang berorientasi pada tindakan, sementara mereka yang gagal berorientasi pada kata-kata. Orang yang meraih sukses besar adalah mereka yang “melakukan saja!” sementara mereka yang meraih sedikit menghabiskan hidup mereka dengan berharap, berkeinginan, bermimpi dan membuat alasan.

Wah kedengaran sederhana ya, namun banyak sekali orang yang terjebak dalam dilema melakukan atau menunda.

MEMULAI DARI NOL

Teman-teman yang baik, saya menulis blog ini adalah sebagai catatan perjalanan bisnis saya. Saat ini saya sedang merintis sebuah usaha dibidang Online Business. Sebuah bidang baru yang harus saya geluti dengan cepat, karena prospek bisnis online sudah banyak terbukti, dimana percepatan penggunaan teknologi internet bagi pebisnis di Indonesia sudah mulai menjamur. Dari mulai jualan pakaian, makanan, hingga barang tambang sudah menggunakan internet marketing sebagai sarana mempercepat penjualan dan jangkauan bisnis.

Ok, saya mau cerita sedikit yah….tahun 2013 saya memulai bisnis dalam keadaan minus dimana perusahaan tempat saya bekerja mengalami kesulitan keuangan. Maka saya harus putar otak bagaimana bisa bertahan ketika itu. Kebetulan perusahaan tempat saya bekerja punya akses internet dan salah satu cara perusahaan melakukan komunikasi dengan pihak supplier dan customer adalah melalui online. Aha jadi ingat pertama kali saya menggunakan Indonetwork.co.id untuk memasarkan produk perusahaan, lumayan walau tidak begitu paham internet marketing saat itu tapi ternyata penjualannya lumayan bagus…:)

Ok, kembali ke laptop…akhirnya saya memutuskan untuk membangun perusahaan, karena basic pendidikan saya Civil Engineer, maka yang saya rintis pada waktu itu adalah bisnis kontraktor. Dengan sedikit kreativitas akhirnya saya mendapatkan project pertama di Rumah Zakat Indonesia. Proyek kecil renovasi klinik rumah zakat. Alhamdulillah dapat keuntungan sedikit lalu saya gunakan untuk membuat CV Berkah Ruqun Mandiri. Singkat kata akhirnya berdirilah perusahaan kontraktor saya dengan brand BROCONS (Brotherz Construtions) dan website bangunrumah123.com.

Perusahaan berkembang terus hingga tahun 2013 akhir saya dan tim berhasil mendapatkan 12proyek sekaligus dalam satu waktu. Semangat betul kami waktu itu, tapi ternyata ada satu hikmah yang harus kami ambil waktu itu. Perusahaan overheat….saya dan istri jatuh sakit karena terlalu letih, dan tim sedikit mengalami guncangan karena terlalu banyak item yang harus dikerjakan. Yah perusahaan saya terlalu cepat bertumbuh!….

Lalu saya melakukan perenungan, iya ternyata perusahaan saya bergerak tumbuh cepat karena waktu itu kami bekerjasama dengan sebuah situs internet yang mendatangkan banyak sekali traffic dan menjadi customer kami. Waw…internet memang luar biasa!…namun dari situ saya mencoba mengevaluasi penuh apa yang saya lakukan…berikut pertanyaan yang saya ajukan:

Internet adalah sebuah tools yang dahsyat dimana kita bisa mendapatkan begitu banyak peluang dan pengunjuang dalam satu waktu, apakah tim saya dan bisnis saya ini bisa dioptimasi juga sesuai dengan customer yang masuk?

Tim seperti apakah yang harus saya bangun agar bisa menampung semua permintaan tersebut?

Apakah saya mau terus melakukannya atau ada pilihan lainnya?

Bisnis BROCONS bukanlah bisnis yang buruk, bahkan di rencana bisnis yang saya buat, kami siap ekspansi. Namun saya kehilangan semangat…..iya karena terhambat dengan kondisi fisik saya….akhirnya saya memutuskan untuk merubah strategi bisnis.

Saat ini saya memperdalam Online MArketing dengan tujuan sebagai berikut:

1. Saya ingin bisnis saya mempunyai area target market yang spesifik. Karena saat ini saya berdomisili di Tangerang, saya membidik pasar area Tangerang, Serpong, Bintaro dan sekitarnya. Melalui online marketing sekarang mulai terbukti

2. Saya ingin merubah bisnis saya menjadi Smart Business. Yaitu kami ingin fokus menjadi marketing company, kami tidak fokus di produksinya. Alhamdulillah juga sudah mulai berjalan.

3. Saya juga sedang merancang untuk menjadi perusahaan yang mengakomodir semua stakeholder di bidang properti dan konstruksi dalam satu wadah, wah yang ingin masih berproses…mudah-mudahan dapat terwujud juga.

Wah panjang juga ya curhat saya….yah mudah-mudahn bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang merintis usahannya.

 

Sekolah bisnis 1 milyar SB1M sukses
Sekolah bisnis 1 milyar SB1M sukses

ANDA DAPAT MELAKUKANNYA…..

Iya saya sharing di blog ini bukan untuk menyombongkan diri atau maksud lainnya. Saya ingin teman-teman juga yakin bahwa Anda juga dapat melakukannya. Siapa pun dengan profesi apa pun…..

Syaratnya Anda Punya mimpi, lalu membuat rencana dan tekun mengerjakannya.

Ok…selamat berjuang, semoga mengharukan

MZ Omar

081319777128

yuk belajar bisnis bersama saya di SB1M info add Pin BB 74E1 D7DF

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply