mutiara SB1M

Penyelam Mutiara

Posted on Posted in Personal Growth
Header 728 x 90

Perjalanan hidup manusia tidak ubahnya bagaikan kisah penyelam mutiara. Seorang penyelam mutiara selalu dibekali oksigen yang terpasang di punggungnya. Pada saat menyelam niatnya bulat untuk mencari tiram mutiara sebanyak-banyaknya. Tetapi ternyata ketika ia sudah berada di bawah permukaan laut, ia mulai lupa pada apa yang harus dicarinya.

Kenapa? karena ternyata pemandangan di dalam laut sungguh mempesona, bunga karang yang melambai-lambai seolah memanggilnya, ikan berwarna-warni penuh pesona. Ia pun lalu terlena ikut bercanda ria sehingga melupakan tugasnya semula untuk mencari tiram mutiara di dasar laut.

Hingga pada satu waktu ia tersadar ketika persediaan oksigennya sudah menipis sehingga tidak sempat lagi ia menuju dasar laut untuk mendapatkan tiram mutiara. Paniklah dirinya dan ia kembali ke permukaan laut dengan tangan hampa. Melihat dirinya pulang dengan tangan hampa, meledaklah amarah tuannya.

Dengan penuh rasa penyesalan si penyelam berusaha meminta kesempatan agar dapat kembali menyelam ke dasar lautan. Namun sia-sia karena tuannya sudah tidak mempercayainya.

Kisah ini mirip dengan perjalanan manusia. Tabung oksigen ibarat jatah hidup umur manusia, tiram mutiara ibarat amal pahala, sedangkan godaan-godaan di dalam lautan ibarat godaan kenikmatan duniawi harta, tahta dan wanita.

Mari kita tadabburi surat Al Ankabuut: 64 ” Tidaklah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main, sesungguhnya akhirat itulah yang sebenar-benarnya kehidupan.”

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply