sales pipeline mz omar

Penjualan Seret? Lihat Sales Funnel Anda

Posted on Posted in Entrepreneurship
Header 728 x 90

Sales Funneling atau Sales Pipeline

sales pipeline mz omar

Sales Funnel atau dikenal juga dengan Sales Pipeline Anda adalah Perjalanan Anda tahap demi tahap untuk Mendapatkan penjualan atau sales. Dari awal anda mengundang Traffic dan mendapatkan kontak, lalu menjadikan kontak tersebut menjadi prospek, hingga akhirnya close the deal. Dengan memperhatikan alur sales seperti ini dan selalu memperbaiki cara Anda mengolah pipeline ini akan memperbaiki kinerja sales anda 200% lebih.

O iya Anda sudah tahu belum ada berapa langkah sih yang biasanya dilakukan pada sebuah sales pipeline?

Pada umumnya ada 5 langkah yang bisa Anda optimasi dalam sebuah sales pipeline:

1. Prospecting. Pada langkah awal ini, anda melakukan penelitian terhadap target market anda, dimana mereka berada, apa yang mereka cari, berapa banyak mereka, berapa budget mereka….jadi yang anda lakukan adalah mengidentifikasi sedetail mungkin prospek Anda. Caranya: dengan beriklan, membuat seminar, mengadakan webinar, membuat artikel yang menarik, dll

2. Qualification atau melakukan kualifikasi, filtering, atau seleksi. Nah ini saya kasih contoh di bisnis saya ya….saya menjual jasa desain arsitek melalui website saya BangunRumah123 , dengan menggunakan SEO, FBads,¬†Google Adwords, dll saya mendapatkan Leads/Prospect biasanya melalui email dan SMS. Kebanyakan email yang masuk leads biasanya menanyakan tentang bagaimana sih solusi mendesain sebuah rumah agar sesuai keinginan mereka…Nah disini penting sekali proses kualifikasi, kenapa? karena jangan sampai kita sudah terlalu jauh memberikan jawaban, konsultasi, bahkan sampai survei, tiba-tiba ketika kita memberikan penawaran, eh Leads ini justru kabur karena ternyata buat mereka harga tersebut terlalu mahal. Di awal saya menjalankan bisnis, banyak sekali waktu terbuang terutama pada leads yang tidak qualified. Bagaimana caranya melakukan kualifikasi? Saya biasanya di awal langsung menginformasikan di website tentang ketentuan menggunakan jasa desain, lalu saya ulangi di email respon, bahwa Leads/Prospect akan dapat meneruskan konsultasi ketika mereka sudah sepakat dengan harga jasa yang sudah saya tawarkan dan membuat Service Order.

Untuk contoh toko online biasanya leads masuk ke BBM, Whatsapp, SMS atau Telpon. Ini cenderung lebih singkat karena biasanya Leads langsung menanyakan berapa harganya? hehehe ini penyakit konsumen Indonesia, padahal di web atau brosur sudah ada harga jual, tetap saja ketika menghubungi kita mereka menanyakan lagi harganya.

O,iya kualifikasi sebenarnya bisa juga kita lakukan pada saat membuat Iklan, misalnya ketika menggunakan Facebook Advertising, langsung saja kita sebutkan harga jualnya…setidaknya akan langsung memfilter Leads yang masuk.

3. Proposal. Oke setelah leads kita kualifikasi dan sudah terfilter maka langkah selanjutnya adalah dengan merancang sebuah solusi bagi permasalahan leads kita. Buat proposal penawaran sesuai dengan kondisi leads. Presentasikan dengan sebaik mungkin, sedetail mungkin agar leads tertarik menggunakan jasa/produk kita, ingat jangan jualan dengan cara memaksa, gunakan soft selling, buat mereka tertarik kepada kita.

4. Buy or Not to Buy…..Nah setelah ini tinggal leads yang memutuskan apakah mereka membeli atau justru mundur teratur. Mundur? No problem at least kita punya kontak mereka untuk kita ulangi proses proposal di lain waktu. (bukankah lebih mudah menawarkan kepada orang yang pernah menghubungi kita?)

5. Repeat Order. Ini buat yang melakukan pembelian di Langkah ke-4, artinya leads sudah berubah atau terkonversi menjadi pelanggan. Tugas kita adalah nurture mereka dengan tetap menjaga hubungan baik hehehe…tentunya dengan membuat pola agar ke depan mereka melakukan repeat order atau bahkan mereferensikan Produk atau Jasa kita ke orang lain.

Ok sebenarnya mau share ke yang lebih detail (videonya juga akan saya buatkan Free untuk teman2) , tapi sementara ya ini dulu ya, the next saya akan share tentang bagaimana kita mengoptimalkan kelima proses tersebut…stay tune ya…o, iya jika dirasa manfaat mohon sekiranya di like, komen atau share…masukkannya juga ditunggu…many thanks

 

 

 

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply