slide 1

Mendapatkan Pekerjaaan Tanpa Melamar | Strategi Mendapatkan Lahan

Posted on Posted in 7 langkah developer properti, Bisnis Properti
Header 728 x 90

Dulu ketika saya baru lulus kuliah, satu hal yang terfikir adalah bagaimana caranya bisa mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan. Bisa dibilang itu standard pemikiran sarjana fresh graduate saat itu, dan saya yang termasuk di dalamnya, walaupun pada saat itu sudah mulai sih punya usaha sampingan, jadi guru les private dan jadi asisten dosen. Sayangnya dulu saya belum familiar dengan yang namanya internet, apalagi internet marketing jauh deh.

Langkah pertama yang saya lakukan pada saat itu adalah melakukan listing peluang lowongan pekerjaaan. Untuk aktifitas offlinenya beli koran Kompas (sabtu dan minggu lumayan banyak lowongan berkualitas), Tabloid lowongan kerja, dan banyak lagi. Untuk onlinenya pada saat itu yang sedang trend karir.com dan jobsdb.com, ratusan lamaran saya kirim. Ada beberapa yang merespon dan sampai tahap interview tapi ya karena saya bukan calon pekerja berkualitas jadinya tidak ada yang menerima…sedihnya.

Namun ternyata ada satu jalan yang saya tempuh, yaitu menghubungi saudara, teman, dan kenalan. Saat itu ada paman saya yang punya bisnis di bidang trading saham, ya sudah sementara keluar jalur dulu yang penting bisa belajar kerja. Alhamdulillah hanya bertahan satu bulan karena nggak begitu passion. Lalu berikutnya menjadi agen asuransi, seru juga nih jadi belajar presentasi dan belajar muka tebal, eh dari sini malah saya ketemu adik kelas dan ditawari jadi kepala cabang lembaga pendidikan. Dudududuuu…ternyata saya ketemu rumusnya, kalau mau cepat dapat kerja ya jangan pakai cara konvesional, harus kreatif.

Lalu apa hubungannya dengan strategi mendapatkan lahan?

Berburu lahan adalah salah satu aktifitas terpenting dalam bisnis developer properti. Karena lahan adalah bahan baku utama dari bisnis properti.

Langkah pertama adalah membuat listing data lahan yang ingin kita dapatkan. Darimana saja sih data itu kita dapatkan?

Strategi mendapatkan lahan berburu lahan

 

1. Surat Kabar. Iya coba cari di kolom properti dijual, cari lokasi dimana rencananya Anda akan memulai bisnis properti Anda. Masukan ke dalam list prospek lahan Anda.

2. Papan Tanda dijual atau biasanya juga berupa spanduk. Langsung hubungi nomor telpon dan tanyakan apakah bisa bertemu untuk mendapatkan info lebih lanjut.

3. Teman, saudara, tetangga, orang tua, mertua dan kenalan Anda. Nah ini nih sebenarnya yang bisa menjadi peluang hot deal, karena bagi pemula di bisnis properti terkadang untuk kepercayaan itu akan lebih mudah terbangun ketika Anda direferensikan. Kata kuncinya banyak-banyak silaturahim aja dengan saudara dan kenalan Anda.

4. Agen/Broker Properti. Iya ini juga bisa Anda lakukan, datang saja ke kantor broker untuk berdiskusi dengan agen disana, karena mereka sangat fokus dalam mengumpulkan listing dan data yang Anda dapatkan bisa jadi sudah valid. Jaga hubungan baik dengan agen.

5. RCTI Rombong Calo Tanah Indonesia hehehe…ini juga partner kita, karena walau pun banyak cerita “horor” tentang sepak terjang calo, tapi ada juga lho calo yang berakhlak mulia 🙂 nah ini juga harus Anda jaga ya.

6. Mencari listing lahan melalui internet. Langkah ini bisa Anda ambil untuk menghemat waktu, karena jika Anda keliling mencari lahan lumayan butuh waktu dan tenaga. Teknologi internet membantu Anda untuk bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum take action mensurvei lahan dan mengambil langkah lebih lanjut.

7. List nomor telepon. Ini sebenarnya berhubungan dengan point nomor 3, tapi disini ada strategi yang kita buat yaitu dengan mengirimkan broadcast bahwa kita membutuhkan lahan dengan kriteria tertentu. Jika ingin berdiskusi dengan saya, boleh menghubungi saya ya.

8. Email list. Ini strategi properti yang cukup advance sehingga Anda butuh hadir di workshop saya. But singkatnya begini, Anda membuat sebuah website sebagai Landing Page, lalu beriklan di search engine dan sosial media, lalu datang pengunjung ke web, mereka akan mengisi form opt-in dengan email mereka. Lalu kita tindaklanjuti dengan mengirimkan email secara berkala. Teknik ini membutuhkan skill lebih lanjut.

silahkan simak deh video tentang strategi mendapatkan lahan berikut ini


Stategi mendapatkan lahan ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti. Semoga bermanfaat ya, silahkan di share ke banyak orang, siapa tahu ada yang membutuhkan.

Salam

-MZ-

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply