MEMBANGUNPONDASI BISNISYANG KUAT

MEMBANGUN PONDASI BISNIS YANG KUAT

Posted on Posted in coaching with Omar, Entrepreneurship
Header 728 x 90

Ada 3 hal yang dapat memperkuat pondasi bisnis yang kita jalankan
1. Mindset Bisnis
2. Break Even Mastery
3. Delivery Mastery

Ok kita bahas satu2 ya…

1. Mindset bisnis. Pernah dengar ini, lebih enak jadi pengusaha daripada jadi karyawan, bisa BEBAS WAKTU, BEBAS FINANCIAL, dan pokoknya FREEDOM deh. Kenyataannya? Ketika berbisnis justru kerjanya 24 jam, hutang tambah banyak dan kehilangan kebebasannya.

Apa yg salah? KNOWLEDGE alias ilmu.

 

ingin-membangun-bisnis

Banyak yang memahami bisnis itu sekedar Jualan, kalau udah jago jualan maka bisnisnya dijamin maju.
Banyak yang memahami bisnis itu menaikkan gengsi, kalau udah buka bisnis otomatis jadi lebih keren hehehe..(daku dulu juga begitu)
Banyak yang memahami bisnis bukan dengan LEARNING proses bisnisnya, tapi dari lihat eh orang lain kok enak ya bisa berbisnis.

Ok lalu bagaimana dong?

Perlu diingat BISNIS itu adalah sebuah SYSTEM. (keuangan, pemasaran, operasional, produksi, pelayanan pelanggan, dll). Oleh karena itu as a business owner, aktivitas Learning by doing itu udah wajib banget. Never Ending Learning! Karena dinamika bisnis bisa dibilang selalu berubah.

Dulu jualan itu buka toko, sebar brosur, pasang spanduk dah bisa bikin bisnis jalan, sekarang? pakai website, pasang di marketplace. Market berubah cara bisnis juga berubah, jadi sebagai pemilik bisnis ya harus terus berlajar.

2. Break Even Mastery.
Kemarin saya sempat mampir ke teman yang baru buka warung di depan rumahnya, wajahnya bahagia banget karena saya dan teman2 datang, yang artinya warungnya ramai. Sambil asik ngobrol, sambil mencicipi masakannya iseng2 saya tanya tentang omset dan keadaan warungnya. Dengan senyum lebar dia bilang warungnya ramai. Terus saya tanya lagi sama dia, berapa omset hariannya, berapa HPPnya, berapa profitnya. Tiba2 dia mulai berfikir dan wajahnya mulai serius.

Nah teman2 tahu nggak sih ini sebenarnya penyakit lama dari pebisnis. Malas mengukur, malas mencatat uang masuk dan keluar, apalagi menghitung berapa sih Harga Pokok Produksi jualannya, berapa profit dia sebenarnya, berapa uang cash yang dipegangnya saat ini?

Kenapa ini penting? iya ini penting banget karena Bisnis itu Angka. Berapa banyak bisnis yang kelihatannya baik-baik saja tiba-tiba 2-3 tahun ke depan menghilang? iya bisnisnya berjalan selama itu karena tanpa sadar bisnisnya berdarah-darah. Minus terus tiap tahun dan bergantung dari hutang, akhirnya karena nggak kuat ya collapse juga.

Di sisi lain dengan kita mengetahui berapa sih BEP kita, kita akan mampu membuat target penjualan, dan meningkatkan penjualan

3. Delivery Mastery.
Nah lanjut ke cerita teman saya yang buka warung, ternyata setelah dia hitung dengan detail. Dia harus kejar sales per hari 30 sales, dimana ternyata kapasitas warungnya tidak mencukupi dan dia harus punya tim yg support utk pelayanannya. Pemahaman akan kapasitas bisnis dan bagaimana mendelivernya ke konsumen akan membantu Anda melihat bisnis dalam skala yg lebih luas.

Bagaimana merespon ketika customer menghubungi, bagaimana memproduksi pesanan, bagaimana mengepaknya, bagaimana mendelivernya, bagaimana mengatasi keluhan/komplain?

Wah kepanjangan ya ..heheheh nggak pa2..Insyaa Allah jadi jalan untuk diskusi bareng dan kita implementasikan bareng2

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply