education

Education, Experience and Excessive Cash Flow

Posted on Posted in Uncategorized
Header 728 x 90

Sebenarnya sudah cukup lama saya membaca tentang Education, Experience and Excessive Cashflow ini dari Mr Robert T Kyosaki. Namun ternyata dalam perjalanan bisnis baru bisa memahami apa maksud dari ketiganya.

Berikut ini penjelasannya:

Education. Banyak sekali pebisnis pemula yang berawal dari merintis sebagai seorang karyawan yang cukup sukses, memiliki banyak jaringan dan mampu memulai bisnisnya sendiri sehingga bisa keluar dan menjadi boss bagi dirinya sendiri. Namun sayangnya, ketika memulai bisnisnya sendiri banyak sekali para bintang lapangan ini memiliki sedikit sekali knowledge atau pengetahuan tentang bagaimana mengelola sebuah bisnis dengan baik dan benar.

Pemahanamannya sesederhana ini, buka bisnis, cari clien, deliver the order: Repeat. Padahal membangun bisnis adalah seperti membangun sebuah rumah. Butuh planning, bangun pondasinya (visi/misi, kemampuan mengelola keuangan, kemampuan mendeliver produk/jasa), mengembangkannya. Setiap tahapan dari bisnis ada ilmunya yang wajib dikuasai seorang pebisnis.

Jadi lengkapi diri Anda dengan ilmu berbisnis, ikut seminar/workshop, banyak banyak buku, browsing di internet, ikut komunitas, penuhi diri Anda dengan ilmu-ilmu bisnis.

ingin-membangun-bisnis

Experience. Salah satu hal yang menarik dari menjalankan bisnis adalah kita selalu dalam posisi kurang pengalaman. Sehebat apa pun skill bisnis Anda, Anda akan menemukan satu titik dimana Anda merasa tidak punya pengalamannya. Itu bagus, berarti Anda memang terjun di bisnis, it’s a part of this game.

Makanya Education menjadi sangat penting, karena setidaknya Anda punya sepotong informasi untuk bisa melangkah dan mendapatkan Experiences atau pengalamannya yang harganya sangat. Ya betul, ketika Anda memiliki ilmu lalu Anda praktek, action, dan mendapatkan pengalaman wah ini menjadi modal utama untuk Anda sukses. Karena hanya orang-orang yang berani melangkah dan mengambil tindakan yang akan mendapatkan pengalaman dan meraih point yang ketiga. Excessive Cashflow.

Excessive Cashflow. Ini momen yang paling ditunggu-tunggu seorang pebisnis. Ketika ilmu-ilmu yang dimiliki sudah menjelma menjadi banyak sekali pengalaman maka bersabarlah Anda akan berada di zona akan ada banyak berlimpah cashflow yang datang ke bisnis Anda. Darimana saja ia datang?

Dari kemampuan Anda menjual, dari kemampuan Anda menjadi seorang negosiator ulung untuk mendapatkan modal bagi bisnis Anda (bisa dengan investor, bisa dari dukungan lembaga keuangan, bisa dari supplier, dll), kemampuang Anda melakukan efisiensi dan menemukan strategi bisnis yang mempercepat laju cashflow Anda.

Jadi urutannya Education dulu, lalu perbanyak praktek untuk mendapatkan Experience dan bersabarlah maka sebentar lagi Anda akan mendapatkan Excessive Cashflow. Selamat Berkarya

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply