kuadran developer properti

Cara Menjadi Developer: Kuadran Developer Properti

Posted on Posted in Bisnis Properti
Header 728 x 90

Materi ini saya dapatkan dari salah satu mentor saya di dunia properti, sebut saja nama Andi. Beliau salah seorang yang membuka mata saya tentang Kuadran Developer Properti. Ini semacam Road Map to Become a Profesional Developer. Anda bisa saja mengikutinya step-by-step kuadran yang ada, setiap perpindahan kuadaran menandai adanya penambahan ilmu, skill dan kemampuan leadership. Dan tentunya ketika terjadi perpindahan kuadran, nilai uang yang ada juga bertambah besar.

Kuadran Developer Properti terdiri dari empat tahap:

1. Kuadran I (pemain kaveling)

2. Kuadran II (kontraktor/broker properti)

3. Kuadran III (developer properti)

4. Kuadran IV (investor developer properti)

kuadran developer properti

Masing-masing kuadaran memiliki karakteristiknya tersendiri namun semakin ke atas kuadrannya semakin besar perputaran uang yang terjadi.

Perjalanan saya sendiri dimulai dengan menjadi Kontraktor bangun rumah. Kuadran yang tersulit menurut saya, kenapa? karena di kuadran ini banyak hal teknis yang saya harus terlibat langsung. Mungkin juga karena bisnis kontraktor harus melibatkan kontroling yang kuat dan personal touchnya lebih kuat dibandingkan dengan kuadran yang lain.

Oke kita mulai dari kuadran I menjadi pemain Kaveling.

1. Kuadran 1 – Pemain Kaveling

Bisnis membuat kavelingan merupakan salah satu titik masuk (entry point) untuk menjadi developer properti. Ada beberapa alasan orang masuk ke kuadran ini:

– modal tidak terlalu banyak

– perizinan lebih ringkas

– rentang kendali (span of controlnya) lebih pendek sehingga beban pengawasan menjadi lebih sederhana.

Untuk masuk ke kuadaran ini, beberapa pengetahuan yang harus Anda miliki:

– Surat-surat tanah, seperti girik, AJB, SHM, SPPT

– Prosedur formal perijinan

Mekanisme pembebasan lahan.

Selain itu Anda juga harus membuat Rencana Anggaran Biaya dan Rencana Anggaran Pelaksanaan dalam bentuk sederhana untuk menghitung biaya-biaya:

– Land Clearing (pembersihan dan pematangan lahan)

– Pembuatan Jalan

– Pembuatan Saluran

– Pemasangan tiang listrik

– Membangun kantor pemasaran ( walaupun sederhana)

 

Untuk┬ápenjelasan tentang kuadran developer properti lainnya akan saya tulis di artikel selanjutnya. Mohon sabar ya teman, saya sendiri sedang menyiap sebuah group yang akan membahas khusus tentang developer properti yang bisa teman-teman jadikan tempat berdiskusi dan belajar bersama….ikuti terus ya teman. Jangan lupa like, comment and share.

-MZ-

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply