BRANDING FOR UKM: BRANDING IS REPUTATION

Posted on Posted in Entrepreneurship
Header 728 x 90
branding for UKM
Latihan membuat brand. ki ka : Idris rachman, dwi handaya

Jadi membangun Brand itu bukan sekedar membuat logo yg keren, tapi lebih kepada membangun reputasi pada bisnis yg dijalankan. Contoh: di sekitar kita pasti ada penjual entah itu tukang bubur, tukang pijat , tukang lontong sayur yang nggak pernah iklan bahkan nggak punya logo….tapi yg beli antri. Padahal mungkin tempatnya terbatas, kotor, panas, terbuka, namun tidak mengurangi pelanggan datang.

Alasannya hanya satu rasanya Enak. Dengan racikan resep yang maknyus membuat rasanya tak tertandingi dan coba tebak, pelanggan pun memberi mereknya sendiri. Bakso Kumis, Mang Acim, Mbok Darmi sesederhana itu akhirnya orang memberikan brand.

Bisa dibayangkan jika si penjual tadi membangun juga layanannya, logonya, tempatnya, memperbesar kapasitas produksinya bisa sukses besar. Untuk skala UKM memang kita harus extra kreatif dan jangan lupa untuk memperhatikan produk dan layanan. Karena itu senjatanya UKM. Berbeda dengan perusahaan besar yang punya budget besar.

Banyak yg membangun brand dengan iklan, jika punya budget cukup bisa dilakukan, namun punya resiko, contoh: sebuah produsen kopi dgn rasa baru memasang iklan besar2an tag iklannya keren namun akhirnya kandas di pasar, karena ternyata rasanya: kurang enak.

Jadi selain iklan bangun juga reputasi bisnis kita. Membangun brand, membangun reputasi pada bisnis.

#resume acara Branding for UKM TDA Tangerang

MZ Omar

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply