ANDA ADALAH PONDASI BAGI BISNIS ANDA

12 Langkah Membuat Goal Setting dan Mencapainya. Facebook Live Recorded

Posted on Posted in coaching with Omar, Entrepreneurship, Personal Growth
Header 728 x 90

Hai teman-teman, berikut ini rekaman video tentang 12 Langkah Membuat Goal Setting dan Mencapainya. Facebook Live Recorded.

Isi Videonya tentang 12 Langkah Membuat Goal Setting yang saya ambil intisarinya dari Mr Brian Tracy, motivator dan coach dunia.

Kenapa saya men-share tentang Goal Setting ini? Karena momentum aja sih, iya kita ada di awal tahun. Agar kita bisa lebih baik lagi ke depannya.

 

Berikut ini 12 Langkah Membuat Goal Setting:

1.Decide Exactly What You Want.

Putuskan dengan sebenarnya apa yang Anda inginkan? Semua area kunci dari hidup Anda. Detailkan dan buat sejelas mungkin. Karena semakin jelas apa yang mau kita raih maka akan semakin membuat kita mau mengambil langkah dan bekerja ke arah tujuan. Sama seperti ketika kita ingin mengganti interior kantor kita, nah kita kan harus menjelaskan mau meja yang seperti apa, desainnya bagaimana, warnanya apa, sehingga kita dapat menjelaskan ke kontraktor interiornya ketika mereka merenovasi kantor kita.

Tetapi terkadang kita malas dan bahkan suka meremehkan. Ada beberapa kali di sesi coaching with Omar saya tanya apa Goals kamu atau apa business plan kamu dalam 1 tahun ke depan? Kebanyakan jawabannya belum punya plannya. Wah bagaimana tuh ya?

Banyak orang belum paham bagaimana menentukan Goals tersebut. Nah dalam sesi coaching yang saya berikan saya akan memberikan Wheels of Life silahkan tonton video tentang Wheel of Live di Youtube

Wheel of Live akan mendeteksi kondisi diri kita saat ini. Dari sisi keuangan, karir/bisnis, hubungan dengan keluarga, dan lain sebagainya. Tentukan kondisinya sesuai dengan keadaan Anda. Lakukan brainstorming selama 5 menit, tuliskan semua yang kita inginkan. Jadilah seperti anak kecil yang ketika ditanya ingin apa nanti ketika besar? Feel free anggap saja Anda bisa meraih semuanya tanpa hambatan.

Gunakan 5 Years Fantasy. Jangan membatasi diri dulu di tahap ini. Tanyakan dalam 5 tahun ke depan yang mau kita lakukan dan langkahnya seperti apa dan kapan. Lalu pikirkan langkah pertama yang dapat saya lakukan untuk meraih yang 5 tahun ke depan.

Jadi bedanya pemain bulu tangkis kelas dunia dengan pemain amatir mereka punya impian untuk menjadi juara dunia.

2. Tuliskan Goals dalam sebuah Buku atau Personal Journal.

Jadikan lebih clear, spesik dan terukur. Kenapa ditulis? agar kita bisa lebih engage dengan dreams atau goals kita. Ketika menulis kita juga sedang menvisualisasikan goals kita.

Misalkan: saya ingin meningkatkan sales, berapa nilainya? caranya bagaimana?

Menurut Mr. Brian Tracy, riset di dunia ini 3% orang menuliskan goalsnya menjadi sukses dan sisanya 97% bekerja kepada yang 3% tadi atau gagal dalam bisnisnya. Nah bisa diduga ya posisi Anda ada dimana. Hehehe

3. Setting Deadline.

Ada yang menuliskan goalsnya dalam 20 tahun karena ingin punya pabrik atau beli pulau hehehe…ada yang 1o tahun, 5 tahun, 1 tahun atau sekedar utk mencapai dalam hitungan hari. Dengan membuat target tanggal maka akan “memaksa” diri kita untuk mencapainya.

Dengan adanya target maka kita akan memiliki semangat utk mencapainya. Kalau pun meleset dalam hitungan waktu tapi yakinlah Anda akan mengalami banyak sekali progress.

4. Identifikasi Hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

Disini berlaku hukum 80:20, disini kita lihat kenapa goals kita nggak capai itu sebenarnya karena salah kita sendiri. 80% hambatan yang menghadang kita datang dari diri kita sendiri dan 20% dari luar.

Keraguan, ketakutan, self sabotage itu datang dari kita sendiri. Misalnya kita ingin capai target sales 2-3x lipat, biasanya yang mereject ide tersebut adalah diri kita sendiri. Cara mengatasinya ya coba identifikasi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

Bisa jadi hambatan Anda adalah merekrut tim sales, melatihnya, mengupgradenya.

5. Identifikasi Knowledge dan Skill untuk mencapai goals kita.

Karena dengan kita mengupgrade goals kita maka skill dan pengetahuan kita juga harus di upgrade.

Menjual 10 pcs dengan menjual 1000 pcs membutuhkan skill yang berbeda. Bisa jadi kita butuh skill internet marketing untuk mencapainya.

Bagaimana kita 10% top achiever

6. Identifikasi siapa orang yang bisa membantu dan bekerjasama Anda supaya bisa meraih cita-cita.

Bisa jadi miliki coach, jika belum mampu menghire seorang coach bergabunglah di komunitas, kebetulan saya sedang membangun GROWTH CLUB silahkan daftar ke sini.

7. Membuat List.

Tuliskan semuanya.

8. Organisasikan semuanya menjadi sebuah Action Plan atau Rencana Kerja.

Kumpulkan semua informasi menjadi sebuah perencanaan. Buat sequensenya, langkah-langkahnya. Cari strategi apa yang bisa mempercepat pencapaian dan meningkatkan volume penjualannya. Sehingga bisa membuat urutan sesaui dengan langkah prosedurnya.

Namun bisa juga pengorganisasain dengan melihat Prioritasnya. Nanti saya akan share tentang GPS (Goals, Priorities and Strategies)

9. Bangun Habit.

Bangun kebiasaan menjadi seorang perencana. Think as a planner, buat perencanaan secara berkala. Mingguan, bulanan, semesteran, bulanan. Kenapa demikian? agar kita terikat dengan rencana kita. Kita akan terus memantau progress diri kita sendiri.

10. Pilih yang mana yang paling penting kita lakukan dulu.

Ok dalam membuat detail perencanaan akan di dapat banyak sekali aktivitas yang muncul sehingga kita harus mampu memanage waktu kita, hal ini tidak mudah karena semuanya akan terasa penting. Lalu bagaimana caranya kita memilih mana yang kita kerjakan dulu?

Mr Brian Tracy bilang, coba anggap saja begini..anggap saja hari ini Anda tiba-tiba harus berangkat keluar kota karena suatu tugas penting, nah kalau Anda tiba-tiba harus berangkat pekerjaan apa yang harus Anda rampungkan sebelum Anda pergi, itulah prioritas utama pekerjaan yang harus kita selesaikan.

ANDA ADALAH PONDASI BAGI BISNIS ANDA

11. Develop Habits self discipline.

Bangun kebiasaan untuk menjadi disiplin. Wah bener banget nih, biasanya kita sulit sekali untuk disiplin. Banyak orang yang nggak capai ya karena tidak disiplin. Disinilah Anda membutuhkan seorang coach karena akan ada orang yang membantu Anda mengingatkan diri Anda.

12. Visualization.

Buat visualisasi. Ambil emosinya, apa perasaan Anda ketika mencapai goalsnya, bayangkan situasinya, Anda akan punya karyawan lebih banyak, orderan lebih banyak, kantor baru dan uang milyaran yang Anda terima. Ambil gambar, tentukan desainnya, warnanya dan lain sebagainya. Apapun goals Anda visualisasikan.

Oh iya saya juga mengadakan event mini workshop lho utk materi Goal Setting ini. Ingin mendapatkan infonya? daftarkan saja email Anda disini COACHING WITH OMAR

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply