10 steps to start a business

10 Steps to Start Your Business Now

Posted on Posted in Start a Business
Header 728 x 90

Hallo teman-teman, inilah saatnya Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri. Take action sekarang juga untuk meraih impian terliar Anda melalui bisnis. Ikuti langkah-langkah 10 Steps to start your business now berikut ini untuk memulai bisnis Anda:

STEP 1. START WITH A BUSINESS PLAN (BUSINESS PLAN PDF FREE DOWNLOAD FILE WILL AVAILABLE SOON). Business plan atau rencana bisnis adalah sebuah road map atau peta jalan ketika Anda ingin memulai bisnis. Mulai dari produk atau jasa apa yang ingin Anda deliver, berapa keuntungannya, berapa banyak yang ingin Anda jual, hingga berapa modal yang dibutuhkan. Sediakan waktu untuk serius membuat rencana bisnis Anda, karena bisa jadi ini langkah milyaran rupiah pertama Anda.

STEP 2. CONTINOUS LEARNING. Salah satu karakteristik bisnis adalah memecahkan masalah. Sebagai seorang pebisnis Anda dituntut untuk mampu menyelesaikan banyak masalah, karena bagi pebisnis masalah adalah peluang. Untuk mampu memetakan dan memecahkan masalah maka dibutuhkan skill yang terus terupgrade pada diri seorang pebisnis. Be a lifetime learner, selalu tingkatkan kemampuan berbisnis dengan banyak belajar.

STEP 3. CREATE YOUR CUSTOMER AVATAR (CUSTOMER AVATAR PROFILE PDF FREE DOWNLOAD FILE WILL AVAILABLE SOON).  Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis adalah tentukan produk atau jasanya terlebih dahulu, atau marketnya? mana lebih dulu? Pernah lihat tukang soto mie Bogor? mereka cukup buka warung pinggir jalan dan tadaaa..ramai deh warungnya, kenapa bisa begitu? karena marketnya sudah ada, tinggal siapkan produknya. Nah ini yang sering dilupakan oleh pebisnis pemula, fokus di produknya, kemasannya, tokonya, lupa mendeskripsikan siapa sih target market mereka. Sediakan waktu untuk melakukan riset, siapa sih customer Anda (WHO), dimana mereka biasanya berkumpul dan bisa di raih (WHERE), Lalu apa sih pain point mereka, mereka butuh apa (WHAT), lalu cari alasan emosional kenapa mereka membeli dari Anda (WHY), lalu bagaimana caranya Anda menjangkau mereka (HOW). Lihat!! dengan membuat avatar atau profile siapa sih sebenarnya customer Anda, jalan Anda menjadi lebih jelas.

STEP 4. STANDING OUT OF THE CROWD. Ok sekarang saatnya Anda menentukan siapa Anda. Pilih nama bisnis Anda.

STEP 5 TRADITIONAL MARKET OR MALL. Nah ini sebenarnya kelanjutan dari Step 3, jika kita sudah paham siapa customer kita maka tinggal kita tentukan lokasi bisnisnya. Tergantung produk apa yang ingin Anda jual tinggal tentukan lokasinya ya.

STEP 6 SELL, SELL, SELL. Ya betul jual, jual, jual. Fokus Anda adalah untuk tetap bisa bernafas di atas air. Ibarat sedang belajar berenang, usahakan untuk tetap bisa bernafas dulu, soal gaya berenangnya belakang saja dulu. Karena yang terpenting saat ini tetap bisa mengambang dan menuju seberang. Dan di bisnis cara paling ampuh untuk bisa tetap bertahan ya jualan. Ada ratusan cara untuk jualan, pakai semua cara, uji dan ukur lalu lihat strategi mana saja yang works, lakukan terus, jualan…jualan…jualan…

STEP 7 HOW DO YOU KNOW MY BUSINESS? Pada step 6 Anda menebar jala dengan berbagai jurus, pada step 7 ini Anda mengecek strategi mana saja yang bekerja. Tanyakan hal ini ketika ada yang menghubungi Anda, Ngomong-ngomong bapak tahu nomor telpon ini darimana ya? nah jawaban-jawaban inilah yang akan menelusuri, kampanye iklan Anda yang mana yang bekerja dengan baik. Promosi dan iklan merupakan aktivitas bisnis yang membutuhkan nilai investasi lumayan besar, oleh karena itu Anda harus memastikan investasinya kembali dengan baik.

STEP 8 BUILD YOUR GOLD MINE. Bisa jadi ya, ketika pertama kali running bisnis Anda, Anda banyak mendapatkan telpon, SMS atau email tapi belum terjadi banyak transaksi. Dari 20 orang yang menghubungi hanya 2 yang closing atau tidak ada sama sekali. Jangan khawatir, ini memang butuh waktu, jadi jangan menyerah. Orang-orang yang sudah menghubungi Anda berarti mereka sebenarnya sudah menyelidiki siapa Anda, hanya saja belum terbangun trust yang cukup sehingga mereka belum mau bertransaksi dengan Anda. Buat strategi follow up yang baik untuk mereka, maka bukan tidak mungkin mereka pun mau bertransaksi dengan Anda. Database anda adalah Tambang Emas Anda.

STEP 9 YOUR 90 DAYS PLAN. (90 DAYS PLAN PDF FREE DOWNLOAD FILE WILL AVAILABLE SOON). Fokus pada apa yang bisa Anda lakukan bukan pada yang tidak. Iya Anda harus fokus disini. Miliki visi dan misi yang besar, namun tetaplah menginjak bumi dan Action oriented. Anda harus memaksa diri Anda, untuk melakukan DO LIST Anda setiap hari menuju impian Anda.

STEP 10 PLAN VS ACTUAL. Dimanakah Anda? Sediakan waktu minimal seminggu sekali untuk melihat posisi bisnis Anda pada saat itu. Mengetahui Anda berada dimana akan memudahkan Anda melakukan corrective Action. Jadikan aktivitas ini sebagai spiral pembelajaran.

FREE DOWNLOAD SLIDE 10 STEPS TO START YOUR BUSINESS NOW

Untuk memberikan penjelasan yang lebih detail saya juga menyediakan versi Webinar dari 10 Steps to start your business now. 

Saya berharap Anda menyukai hal ini dan membagikan ke rekan-rekan yang lainnya sehingga bisa membawa manfaat lebih banyak. Thanks guys, enjoy the webinar

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply